Search

Hebat! Hingga 22 Januari Rupiah Sudah Terapresiasi 1,74 Persen - WartaEkonomi.co.id

WE Online, Jakarta -

Bank Indonesia (BI) mencatat nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terus menguat dan sesuai fundamentalnya. Pada 22 Januari 2020, tercatat rupiah menguat 1,74% (ptp) dibandingkan dengan level akhir Desember 2019.

"Perkembangan ini melanjutkan penguatan pada 2019 yang tercatat 3,58% (ptp) atau 0,76% secara rerata," kata Gubernur BI Perry Warjiyo di Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Perry menjelaskan, penguatan rupiah didorong oleh pasokan valas dari para eksportir serta aliran masuk modal asing yang tetap berlanjut sejalan prospek ekonomi Indonesia yang tetap terjaga, daya tarik pasar keuangan domestik yang tetap besar, dan ketidakpastian pasar keuangan global yang mereda.

Baca Juga: BI Pilih Dovish, Kesempatan Dolar AS untuk Bikin Rupiah Kembang Kempis!

Struktur pasar valas juga semakin kuat yang ditandai dengan meningkatnya volume transaksi dan kuotasi yang lebih efisien, serta makin berkembangnya pasar DNDF yang kemudian mendukung peningkatan efisiensi pasar valas.

"Kami memandang bahwa penguatan nilai tukar rupiah sejalan dengan kondisi fundamental, semakin baiknya mekanisme pasar dan keyakinan para pelaku pasar terhadap kebijakan yang ditempuh BI dan pemerintah," jelas Perry.

Baca Juga: Rupiah Galak! Dolar AS Kalah Telak, Global Terbelalak!

Secara keseluruhan, lanjut dia, penguatan nilai tukar rupiah memberikan dampak positif terhadap momentum pertumbuhan ekonomi dan stabilitas makroekonomi. "Ke depan, BI memandang nilai tukar rupiah tetap stabil sesuai dengan fundamentalnya dan mekanisme pasar yang terjaga," tukasnya.

Sebagai informasi, berdasarkan catatan Jisdor BI, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada hari ini (23/1/2020) berada pada level Rp13.626 per dolas AS, menguat dibandingkan sehari sebelumnya yang berada di level Rp13.678 per dolar AS.

Let's block ads! (Why?)



"Hebat" - Google Berita
January 23, 2020 at 11:23PM
https://ift.tt/37nUnTL

Hebat! Hingga 22 Januari Rupiah Sudah Terapresiasi 1,74 Persen - WartaEkonomi.co.id
"Hebat" - Google Berita
https://ift.tt/2r9TJZS
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hebat! Hingga 22 Januari Rupiah Sudah Terapresiasi 1,74 Persen - WartaEkonomi.co.id"

Post a Comment

Powered by Blogger.