Search

10 hektare lahan kosong terbakar hebat di Aceh Jaya - aceh.antaranews.com

Banda Aceh (ANTARA) - Badan Penangulangan Bencana Aceh (BPBA) menyatakan, sekitar 10 hektare lahan kosong mengalami kebakaran hebat di area Gunung Kemala yang berlokasi di Gampong (Desa) Lhok Kruet, Kecamatan Sampoiniet, Aceh Jaya, Selasa (28/1).

"Kebakaran seluas 10 hektare di Aceh Jaya terjadi kemarin sekitar pukul 15.30 WIB, dan kami baru dapat laporan malam tadi," ujar Kepala Pelaksana BPBA, Sunawardi di Banda Aceh, Rabu.

Ia menyebut, kebakaran hebat tersebut juga sempat menimbulkan asap membumbung tinggi ke udara, sehingga arus lalulintas Banda Aceh-Calang, Aceh Jaya terutama di kilometer 112 sempat terganggu.

Badan Penangulangan Bencana Kabupaten (BPBK) setempat langsung mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran dari pos terdekat, yakni Lhok Kruet dan Lamno, setelah mendapat kabar dari masyarakat.

Selain petugas pemadam kebakaran, lanjut dia, unsur TNI/Polri, satuan tugas (satgas) pencarian dan pertolongan (SAR), relawan, dan masyarakat setempat juga turut membantu dalam upaya pemadaman serta membagikan masker ke pengendara yang melintas.

"Alhamdulillah, api sudah padam. Dan tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Tetapi kami terus memantau perkembangan kebakaran di Aceh Jaya," ujarnya.

Ia menyebut, BPBK Aceh Jaya hingga kini masih melakukan pendataan di lokasi kebakaran, dan dugaan sementara penyebab kebakaran akibat aktivitas pembakaran sampah.

"Namun untuk lebih jelasnya aparat kepolisian setempat juga sedang melakukan penyidikan," kata Sunawardi.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I di Aceh Besar mengimbau supaya masyarakat setempat mewaspadai kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di provinsi paling barat Indonesia tersebut.

"Kita imbau warga di Aceh jangan membakar hutan dan lahan, karena berpotensi api cepat membesar," ujar Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Kelas I Stasiun Meteorologi Aceh Besar, Zakaria Ahmad.

Ia menjelaskan, kebakaran berpotensi cepat membesar akibat hembusan angin pekan ini diperkirakansekitar lima hingga 35 knot atau sembilan kilometer lebih sampai mencapai 65 kilometer per jam.
 

Let's block ads! (Why?)



"Hebat" - Google Berita
January 29, 2020 at 12:12PM
https://ift.tt/2RyclgO

10 hektare lahan kosong terbakar hebat di Aceh Jaya - aceh.antaranews.com
"Hebat" - Google Berita
https://ift.tt/2r9TJZS
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "10 hektare lahan kosong terbakar hebat di Aceh Jaya - aceh.antaranews.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.