Search

Sepanjang 2019, Kubu Raya Hadapi Karhutla yang Cukup Hebat - Tribun Pontianak

KUBU RAYA - Sepanjang tahun 2019 ini, Kabupaten Kubu Raya menghadapi musim kering yang cukup panjang dan akibatnya terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang cukup hebat. Kawasan hutan maupun di non kawasan hutan.

Serta warga menderita korban materil maupun moril.

"Dampak kekeringan tidak hanya menyebabkan karhutka saja, namun juga berakibat pada kegagalan panen, kesulitan air bersih dan gangguan kesehatan."

Bahkan untuk beberapa waktu kegiatan belajar mengajar harus dihentikan," ungkap Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH), Amung Hidayat, Selasa (26/11/2019).

100 Kasus Karhutla Sudah Ditangani Polda Kalbar, Kombes Pol Jayadi Harap Ada Satgas Penegak Hukum

Amung mengatakan, Kementrian Lingkungan Hidup dan kehutanan (KLH) bekerjasama dengan Pemerintah Jerman, melalui proyek Foclime II menetapkan KPH Unit 33 Kubu Raya sebagai KPH model pencegahan karhutla terintegrasi.

"Melalui proyek ini, KPH Kubu Raya telah menyusun peta kerawanan Karhutla Kabupaten Kubu Raya berdasarkan kondisi geofisik lahan (tutupan lahan dan kedalaman gambut) serta sejarah kejadian karhutla dalam kurun waktu 18 tahun terhitung sejak 2000 hingga 2018," tuturnya.

Selanjutnya telah dilakukan analisis terkait kebutuhan penyediaan sarana infrastruktur pembasahan gambut dan sumber air berupa peta indikatif sumur bor dan analisis mengenai keterkaitan antara karhutla dengan indeks desa membangun (IDM).

"Peta ini diharapkan dapat bermanfaat dan dipergunakan pihak-pihak terkait. Sehingga perlu disosisalisasikan untuk menjalin kerjasama dan komitmen bersama," pungkasnya.

100 Kasus Karhutla Ditangani Polda Kalbar

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Barat menggelar Rapat kordinasi dalam rangka penanganan keadaan darurat bencana asap akibat karhutla di Kalbar tahun 2019.

Let's block ads! (Why?)



"Hebat" - Google Berita
November 26, 2019 at 11:36AM
https://ift.tt/37Cprj3

Sepanjang 2019, Kubu Raya Hadapi Karhutla yang Cukup Hebat - Tribun Pontianak
"Hebat" - Google Berita
https://ift.tt/2r9TJZS
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sepanjang 2019, Kubu Raya Hadapi Karhutla yang Cukup Hebat - Tribun Pontianak"

Post a Comment

Powered by Blogger.