Search

Hebat, Anak Ini Bikin Alat Agar Kamu Aman Berkendara - Merah Putih

SISWA SMK di Jawa Barat bernama Rapi Anwar Basari menciptakan alat disiplin berkendara bernama ADIRA (alat disiplin berkendara). Ia membuat ADIRA berdasarkan pengalaman pribadinya. Saat itu Rapi pernah melihat temannya jatuh dari sepeda motor sampai gegar otak karena tidak menggunakan helm. Kebetulan teman yang kecelakaan masih di bawah umur.

Menurut berita pers yang diterima merahputih.com, pada Rabu (20/11) alat tersebut bekerja dengan mendeteksi SIM dan penggunaan helm SNI pada motor. Pada mobil pun sama saja, hanya saja pada sensor mendeteksi penggunaan safety belt.

Menurut Rapi, dengan adanya alat ini maka dapat menurunkan resiko pelanggaran lalu lintas. Seperti pengendara di bawah umur dan pengemudi kendaraan yang tidak memiliki SIM.

Rapi Anwar Basari (Foto: Ist)
Rapi Anwar Basari (Foto: Ist)

Selain itu, alat ini dapat membantu pengemudi saat terjadi kecelakaan. Sensor pada ADIRA akan mengirimkan sinyal pada module GSM dan GPS. Sehingga dapat mengirimkan SMS kepada kantor polisi, rumah sakit dan kantor Jasa Raharja terdekat.

Melihat ini, PT Jasa Raharja (Persero) memilih Rapi Anwar untuk menjadi 'Traffic Hero'. Karena Jasa Raharja ingin mengapresiasi masyarakat yang telah melakukan suatu usaha dalam membantu mengatasi dan menanggulangi kecelakaan di jalan raya.

"Kami sangat berterima kasih kepada mereka karena telah melakukan usaha untuk membantu meningkatkan keselamatan berkendara di jalan raya,” tutur Direktur Keuangan PT Jasa Raharja (Persero), Myland.

ADIRA bisa meminimalisir kecelakaan (Foto: Pixabay/Free-Photos)
ADIRA bisa meminimalisir kecelakaan (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Rapi pun berharap dengan adanya 'Traffic Hero' akan membantu dia untuk mengembangkan ADIRA dengan komponen yang lebih baik lagi. "Dengan bantuan ini saya akan mengembangkan alat ini agar dapat bermanfaat bagi banyak orang," ujar Rapi.

Traffic Hero merupakan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang dilakukan oleh PT Jasa Raharja (Persero) setiap tahunnya. Dengan adanya program ini, PT Jasa Raharja (Persero) mengapresiasi masyarakat yang melakukan usaha untuk meningkatkan kesadaran terhadap keselamatan berkendara di jalan raya, seperti melakukan penelitian, menemukan alat maupun melakukan tindakan kampanye. (ikh)

Let's block ads! (Why?)



"Hebat" - Google Berita
November 20, 2019 at 09:05PM
https://ift.tt/333hjEL

Hebat, Anak Ini Bikin Alat Agar Kamu Aman Berkendara - Merah Putih
"Hebat" - Google Berita
https://ift.tt/2r9TJZS
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hebat, Anak Ini Bikin Alat Agar Kamu Aman Berkendara - Merah Putih"

Post a Comment

Powered by Blogger.